ayam poland ayam jambul ayam jabrik ayam hias bukan ayam kampus

Ayam Poland asli polandia adalah salah satu ayam hias yang sudah lama ada di Indonesia namun masih tetap banyak diminati. Ayam dengan keunikan dan keeksotisan tersendiri yang membuat orang tertarik dan ingin memeliharanya. Salah satu ayam hias yang menurut kami tetap exis meskipun sudah lama ada di Indonesia.


Asal usul dan Sejarah Ayam Poland

Tidak jelas asal-usul Polish chicken atau yang terkenal dengan ayam poland ini. Meski namanya di ambil dari nama salah satu negara yaitu Polandia tapi faktanya ayam poland diketahui berasal dari Belanda. Bisa jadi nama poland berasal dari bahasa belanda “pol” yang berarti kepala, mengacu kepada keunikan kepalanya.

Beberapa teori menyebutkan bahwa pada abad pertengahan nenek moyang ayam poland di bawa oleh para imigran dari Mongol Asia ke Eropa. Kemudian ayam ini dikembangkan secara intensif di Polandia. Di Perancis ayam ini pernah digunakan sebagai ayam petelur karena memang sifatnya yang menghasilkan banyak telur. Di Amerika ayam poland di daftarkan di American Poultry Associaton dan dikembangkan khusus sebagai ayam hias.

Kapan masuknya ayam poland ke Indonesia tidak diketahui secara pasti. Info yang kami dapat ayam poland pertama kali di import oleh importir unggas dari kota Bandung. Namun karena sudah lama ada di Indonesia, strain atau keturunan ayam poland banyak yang diragukan keasliannya. oleh karena itu beberapa penghobi ayam hias kembali mendatangkan induk ayam poland dari luar negeri.


Ciri-Ciri Ayam Poland Asli

Foto di atas adalah foto asli milik Bamsbreeder yang di ambil di tahun 2013 dengan menggunakan kamera handphone biasa. Lihat saja ayam poland asli dengan jambul yang lebat menutup kepalanya. Mirip seperti kucing anggora.

Ayam poland yang asli memiliki bulu lebat di kepala. Bulu lebat di kepala seperti rambut manusia yang biasa di sebut jambul atau mahkota. Tak jarang beberapa penghobi menyebutnya sebagai ayam jambul atau ayam mahkota.

Baik jantan maupun betina memiliki jambul yang lebat hingga menutup mata. Bedanya jambul jantan tumbuh memanjang, sedangkan jambul betina berbentuk bulat. Tak jarang ketika ayam minum, jambul tersebut menjadi basah dan menutup hidung. Salah satu kelemahan ayam poland yang bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Beberapa jenis ayam poland memiliki “jengger” (comb) yang kecil. Ada yang berbentuk “V” bahkan ada yang menyerupai tanduk rusa sehingga dinamakan poland tanduk rusa. Tidak seperti ayam biasa yang jenggernya membelah kepala dari depan ke belakang. Ayam poland memiliki jengger di bagian depan di atas hidung dan biasa tumbuh menyamping.


Jenis Ayam Poland

Selain dilihat dari jenggernya ayam poland di kategorikan menjadi menjadi beberapa jenis menurut warna dan jenis bulunya. Seperti Poland Black, blue, dan white sebutan untuk ayam sesuai dengan warna bulunya. Frizle Poland adalah jenis ayam poland bulu walik. Beberapa jenis ada yang berjenggot dan ada yang tidak. Silangan ayam poland dengan ayam lain akan menghasilkan ayam poland dengan kualitas jelek, tak jarang ada ayam hias poland yang dijual murah karena kualitas dan penampilannya yang tidak menarik. Sedangkan harga ayam poland asli yang memiliki kualitas dan penampilan yang menarik masih relatif mahal.

jika anda hobi koleksi peliharaan yang satu ini di supplayer.com menyediakan bibit ayam poland dengan harga sebagai berikut :

AYAM POLAN

Harga Ayam Polan Per Ekor

Ayam Poland 1 Bulan @ Rp 175,000
Ayam Poland 2 Bulan @ Rp 225,000
Ayam Poland 3 Bulan @ Rp 255,000
Ayam Poland 4 Bulan @ Rp 210,000
Ayam Poland 5 Bulan @ Rp 480,000
Ayam Poland Dewasa @ Rp 600,000

pilihan ayam poland supper akan dikirim via wa dengan harga yang berbeda beda sesuai jenis dan umur 

pemesanan silahkan isi formulir di bilah samping " tentang "